Subscribe Blog Ini Untuk Mendapatkan Materi Matematika Yang Terbaru Mathematics Weekend Camp 2 - Cara Asyik Belajar Matematika
Sunday 22 October 2017



Setelah beberapa minggu merenungi mengenai apakah dilanjutkan atau ditiadakan acara camp mathematics ini, Alhamdulillah akhirnya penulis memberanikan diri untuk melanjutkan mathematics camp yang telah dilaksanakan tahun lalu. Dalam hati kecil kurang pede juga mengadakan kegiatan semacam ini, mengingat kapasitas penulis biasa-biasa saja dan sangat banyak kegiatan seperti ini dengan kemasan yang luar biasa. Namun karena kebutuhan bismillah dilaksanakan.

Hari ini, hari Sabtu tanggal 21 Oktober 2017 adalah waktu yang kupikir cukup ideal untuk melaksanakan kegiatan Mathematics Weekend camp ini. Hal ini dikarenakan hari Sabtu dan Minggu tidak mengganggu proses kegiatan belajar mengajar siswa. Selain itu, pada tanggal ini siswa belum banyak tanggungan tugas dan lain-lain karena seminggu lalu mereka menerima rapot. Tujuan dari kegiatan adalah untuk mempersiapkan siswa dalam menghadapi Olimpiade matematika Tahun depan. Kegiatan ini dimulai pada pukul 13.00 dengan 6 sesi pembinaan yang tersebut terbagi menjadi dua bagian, yakni 4 sesi materi plus latihan soal dan 2 sesi untuk pre test dan post test.   
Sebelum kegiatan ini dimulai, penulis selaku panitia membuka acara dengan memberikan pengantar dan motivasi. Setelah itu acara diteruskan dengan pemberian pre test kepada peserta. Pre test ini digunakan untuk menentukan seberapa besar kemampuan awal siswa sebelum camp. Awalnya mereka agak shock karena merasa baru awal acara sudah test, namun dengan pemahaman mereka akhirnya mengerti. Setelah pretest selesai acara dilanjutkan dengan pemberian materi mengenai bilangan. Pada sesi ini siswa serius mendengarkan penjelasan tutor dan aktif mencoba mengerjakan soal yang diberikan. Acara dihentikan sejenak untuk sholat mahgrib, mengaji bersama, sholat isya, serta makan malam. Pukul 19.00 acara dilanjutkan dengan pemberian materi mengenai aljabar hingga pukul 21.00. Bagi siswa sesi ini dapat dibilang cukup berat, karena dengan kondisi mereka yang cukup lelah karena aktifitas di pagi hari mereka mendapatkan materi aljabar yang abstrak. Setelah sesi ini penulis memberikan tenggang waktu satu jam untuk mereka melakukan istirahat dan bermain. Pukul 22.00, mereka semua tidur.

Setelah mendapatkan istirahat yang cukup, pada pukul 02.55, panitia membangunkan mereka semua guna melaksanakan sholat tahajud yang diteruskan dengan sholat subuh di masjid. Alhamdulillah, tidak cukup susah membangukan mereka semua. Bahkan beberapa dari mereka langsung mengambil handuk dan sabun untuk mandi. Setelah sholat, penulis mengajak mereka melakukan jogging pagi di Perumahan Bumi Asri seraya menikmati pecel dan nasi urap-urap sebagai menu sarapan mereka. Setelah cukup, mereka kembali ke basecamp mereka, yaitu di perpustakaan SMP. Materi ketigapun dilanjutkan. Kali ini yang memberikan materi adalah Ustad Arfiandi. Materi yang disampaikan adalah Geometri yang dilanjutkan dengan kombinatorika.

Akhirnya, post test pun dilaksanakan. Lima belas menit sebelum dilaksanakan, penulis memberikan kesempatan kepada peserta untuk belajar. Rupanya mereka serius sekali. Mereka menganggap bahwa post test ini penting sekali, karena hasil dari pre test dan post test akan disampaikan kepada orang tua mereka sebagai evaluasi. Satu jam berlalu, post test pun berakhir. Tampak wajah lega mereka, karena serangkaian acara mathematics weekend camp berakhir. Sebelum berakhir, penulis menutup acara dan menyampaikan hasil pre test dan post test kepada mereka.

0 comments: